KIKY 2011 Berprestasi dan Istimewa


Bagian Serius

Sebuah agenda rutin satu lagi di laksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di wisma psbb MAN 3 Yogyakarta pada tanggal 14-16 Januari. Upacara pembukaan dimualai pukul 14.00 dan dibuka langsung oleh Kepala dinas pendidikan kota Yogyakarta bapak Edi Hery Suasana. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini dilaksanakan untuk meningkatkan minat meneliti para remaja di kota Yogyakarta. Acara juga diselingi oleh pembagian hadiah untuk para pemenang LKIS tahun 2010 sebagai acara lanjutan dari adanya pembinaan ini.

Dinas pendidikan kota merupakan salah satu dinas yang mengedepankan penelitian dalam pengambilan setiap keputusannya. Oleh karena itu, pembinaan penelitian sejak dini dirasa sangat diperlukan. KIKY hanya sebagai salah satu cara saja, selanjutnya masing-masing individu harus memulai dari sendiri. Selain itu, jaman sekarang sudah berubah, dimana penelitian merupakan hal yang diwajibkan dalam semua bidang. Sekali lagi, KIKY hanya salah satu acara atau kegiatan pembinaan. Keterlibatan masing-masing individu dan sekolah menjadi kunci keberhasilannya. Penelitian bisa dimulai dari yang simple-simple saja dan tidak harus ditulis. Ketika kita merasakan sakit mata ketika merapi mengalami erupsi dan kita mencari penyebab dan kemudian mencari obatnya, maka hal tersebut juga bisa dakatakan kita telah melakukan penelitian. Sebuah contoh simple yang di tuturakan bapak Edy dalam pembukaannya.

Kemah Ilmiah Kota Yogyakarta atau biasa disebut KIKY kali ini diikuti oleh 83 siswa dari seluruh SMA-MA se kota Yogyakarta. Berbagai latar belakang dan kesukaan terhadap berbagai bidang keilmuan sangat disadari. Oleh karena itu, panitia mengelompokan mereka kedalam beberapa bidang keilmuan, termasuk beberapa yang dianggap baru untuk jenjang SMA seperti Astronomi dan Geologi. Kedua bidang tersebut memang baru beberapa tahun terkahir dilombakan baik dalam olimpiade maupun penelitian. Selain kedua bidang tersebut tentunya ada juga bidang keilmuan yang sudah lebih dulu mapan seperti sosiologi, biologi, fisika dan kimia. Masing-masing bidang difasilitasi oleh teman-teman yang juga memiliki latar belakang keilmuan yang sesuai. Kebetulan pelaksanaan pembinaan penelitian dalam KIKY ini dibantu oleh teman-teman dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta baik swasta maupun negeri. Ada yang dari UGM, UII, UMY dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentunya, para peserta juga mendapatkan ceramah dari para ahli dibidangnya. Para pakar yang diundang bukan pakar biasa, dapat dikatakan demikian karena selain pakar dalam bidang keilmuan, mereka juga pakar dalam menyampaikan ceramah ilmiah untuk remaja di tingkat SMA. Dari bidang sosiologi, yang semula akan diisi oleh Dr. Partini, SU dari sosiologi UGM, ternyata beliau berhalangan hadir dan Digantikan Oleh Dr. Suharman, M.Si dari isntitusi yang sama. Dikelas beliau cukup menarik dalam menyampaikan materi tentang penelitian sosial, alhasil peserta yang notabene anak SMA bisa mencernanya dan moderator terpaksa menambah durasi sesi pertanyaan. Hal serupa juga terjadi pada bidang-bidang lainnya yang juga diisi oleh para praktisi dibidangnya.

Selain siswa diajari untuk melakukan penelitian, di KIKY 2011 ini juga siswa diajarkan cara yang tepat bagaimana untuk menyampaikannya. Tentunya ilmu yang baik adalah yang memiliki kebergunaan yang banyak buat khalayak. Sadar akan sutu keharusan bahwa seorang ilmuwan harus bisa mengkomunikasikan temuannya, maka sesi latihan persentasi menjadi hidangan selanjutnya untuk para peserta. Dalam sesi pamu ada penjelasan dalam versi bahasa Indonesianya, taku lupa, candanya ditengah sesi.

Dalam kegiatan yang super padat%2ngkas ini bapak Samiyo (kepala bidang pengembangan dan penelitian dinas Pendidikan kota Yogyakarta) turun tangan langsung dan memandu sesi sampai berakhir. Sesi bilingual, begitu beliau menyebutnya, karena selain menggunakan bahasa inggris jugaC jarum jam seakan mengalami percepatan sampai kebatas maksimal. Tiga malam, dua hari, satu misi untuk berprestasi begitu panitia menamakan kegiatan ini yang akhirnya harus mengakui keterbatasan waktu. Cukup singkat memang, tapi mudah-mudahan cukup berkesan dan bermanfaat buat adik-adik peserta, harap panatia. Malam terkahir, setelah sesi diskusi diakhiri jam 22.00 paniata dan peserta berkumpul bersama diaula. Satu sesi terakhir ini diharapkan dapat kembali mengendurkan syaraf-syaraf otak yang sudah dipaksa bekerja ekstra. Walau mata dan tenaga sudah menunjukan keterbatasannya, malam pentas seni menjadi salah satu yang sayang untuk dilewatkan. Dibuka dengan apik oleh dua talenta muda, kolaborasi panitia-peserta, Indonesia tanah air beta mengalun merdu lewat suara Dhinar Arga yang diiringi oleh permainan piano Syarafina membuat semua mata kembali terjaga. Susul menyusul para panitia dan peserta memberikan pertunjukan yang menghibur dan mengundang gelak tawa. Malam yang sempurna untuk mengakhiri sebuah acara yang sayarat makna.

Kiky berprestasi, Jogja Iistimewa menjadi teriakan terakhir host acara yang dengan terpaksa harus meneutup acara. Selamat tidur semua, jangan lupa cuci kaki dan baca do’a. Sampai jumpa.

NB: Bagi yang penasaran dengan bagian yang tidak seriusnya, bener-bener versi saya (ujang fahmi) menulis dengan apa adanya silahkan kunjungi www.fahmisme.wordpress.com dengan judul yang sama plus cerita dibalik cerita.

Bagi yang ingin mendokumentasikan materi, silahkan unduh disini untuk materi dari Bp. Suharman (sosial)

Advertisements

About sagasitas

Jurnal hasil penelitian siswa dan guru setingkat SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga D.I. Yogyakarta View all posts by sagasitas

2 responses to “KIKY 2011 Berprestasi dan Istimewa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: